Pantai Skow Sae : Black Sand, Big Waves

Skow adalah nama daerah di Jayapura yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea. Disini terdapat 3 kampung yang juga berdekatan yaitu Skow Mabo, Skow Yambe, dan Skow Sae. Semua kampung-kampung ini terletak di bibir pantai yang langsung menghadap ke Samudra Pasifik.

Pada kesempatan terakhir saya berkunjung ke pantai Skow Sae, yang jaraknya sekitar 1 setengah jam perjalanan menggunakan mobil dari kota Jayapura. Perjalanan ke arah perbatasan RI-PNG selalu menyenangkan, selain disuguhi pemandangan alam yang masih asri, udara yang bersih, juga bisa menyempatkan diri untuk membeli berbagai macam makanan hasil olahan masyarakat Koya (ditengah perjalanan menuju perbatasan) yang mayoritas adalah transmigran asal Jawa. Cemilan yang bisa dibeli beragam mulai dari jagung manis, tape, hingga dodol.

Letak pantai Skow Sae adalah di Kampung Skow Sae sendiri, bagian sebelah kiri kampung. Pantai ini sangat unik karena dibandingkan dengan pantai-pantai Skow yang lain sangat berbeda dengan ditumbuhi pohon Kasuari di sepanjang pantai ini. Maka dari itu cukup mudah melihat pantai ini dari arah Jayapura, khususnya dari wilayah Angkasa.

Pantai Skow Sae memiliki pasir hitam dan lebih kecil dari pasir biasanya. Angin yang berhembus cukup kencang hingga badan terasa seperti didorong jika kita sedang berdiri. Ombak yang bergulung berukuran besar dikarenakan faktor geografis dimana dasar pantai yang landai, sehingga cocok untuk olahraga selancar atau surfing. Namun pengunjung patut berhati-hati dengan arus yang cukup kuat juga tidak menentu. Tidak dianjurkan untuk anak-anak berenang di pantai ini.

Pantai ini masih cukup “terisolir’ dan jarang dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang tidak dapat dijangkau dengan angkutan umum, harus menggunakan kendaraan pribadi-sewaan. Meski begitu potensi pantai Skow Sae untuk dijadikan tempat wisata sangat besar, khususnya untuk wisata selancar karena ombaknya yang cukup besar (1.5 – 2 meter) dan juga masih belum ada spot surfing yang terkenal di Jayapura, maupun Papua. Jadi pantai ini dapat dijadikan terobosan baru oleh Pemkot ataupun Pemda untuk dipromosikan sebagai tempat wisata baru.

Skow Sae Beach: Black Sand

Skow Sae Beach: Beauty inside quietness

Skow Sae Beach: High Tide

Skow Sae Beach: Woods, Sand, Water

Skow Sae Beach: Between Lines

The Jumper: Chiko

5 thoughts on “Pantai Skow Sae : Black Sand, Big Waves

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s