El Principio, The Beginning

Kata banyak orang bagian tersulit dari menulis adalah untuk memulai. Mencari kata-kata yang tepat, walaupun isi dan konten tulisan sudah ada di pikiran namun tetap saja sangat berat untuk menulis kata-kata pembuka.

Hal inilah yang terjadi sekarang ketika saya ingin menulis tulisan pertama di blog baru ini. Apakah harus dimulai dengan perkenalan dan menulis biodata seperti jaman SD dulu? (saling tukar menukar buku diary dengan teman-teman), atau hanya sekedar menulis “hai, saya baru di dunia ini, mohon dibantu yah” yang menurut saya sedikit “alay”. So, saya memilih untuk tidak memilih kedua opsi tadi.

Sebagai mahasiswa yang sering disibukkan dengan tugas paper, critical review, atau essay, menulis harusnya menjadi hal biasa yang dekat dengan mahasiswa. Berdasarkan pengalaman saya, semakin lama duduk di depan monitor memikirkan apa yang harusnya ditulis sebagai kalimat pembuka maka semakin lama juga inspirasi itu datang. Yang biasa saya lakukan untuk mendatangkan inspirasi adalah melakukan hal-hal lain untuk sementara waktu, membaca bahan tulisan, makan cemilan, membuat segelas minuman panas, atau menonton tv, asal jangan terlalu terbawa suasana. Biasanya setelah melakukan hal-hal yang tadi saya sebutkan, muncul ide untuk memulai membuat tulisan tadi.

Mudah-mudahan bisa berguna bagi teman-teman khususnya yang memiliki kesulitan dalam menulis. See you in the next post!

Leave a Reply

